Anggaran Pokir tiap Anggota Dewan mencapai 1 milyar.

Taliwang – Kominfo
Alokasi anggaran untuk pembiayaan program pokok pikiran (Pokir) para anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) di tahun 2018 mendatang ini di jatah sebesar Rp 1 miliar per anggota.

Besaran anggaran untuk membiayai program yang biasa disebut dana aspirasi dewa itu tertuang dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Dearah (RAPBD) 2018.

“Iya untuk anggaran pokir dewan disiapkan sebesar Rp 1 miliar per anggota,” terang Asisten Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) KSB, Dr. Ir. H. Amry Rakhman, M.Si.

Jatah pembiayaan program pokir para anggota dewan yang disiapkan di APBD murni 2018 itu nilainya sama dengan di APBD murni 2017 kemarin. Dijelaskan H. Amry, besaran dana pembiayaan program pokir dewan itu tidak final di angka Rp 1 miliar. Sebab kemungkinan berubah (bertambah) jika ada tambahan sumber pendapatan di pertengahan tahun dan akan dimasukkan melalui APBD Perubahan.

“Seperti tahun kemarin kan, awalnya Rp 1 miliar di APBD murni terus ada tambahan lagi di perubahan. Jadi tergantung nanti kondisi keuangan kita,” sebutnya.

Wakil Ketua DPRD KSB, H. Amir Ma’ruf Husein, S.PdI yang dikonfirmasi terpisah membenarkan besaran nilai pembiayaan pokir dewan yang dituangkan di APBD 2018 itu. “Untuk aspirasi tahun ini memang sama dengan tahun kemarin. Sebesar Rp 1 miliar yang disiapkan di APBD murni,” paparnya.

Ia mengakui, di tahun 2017 kemarin ada tambahan anggaran melalui APBD Perubahan sebesar Rp 1 miliar. Masing-masing anggota diberikan tambahan sebesar Rp 400 juta. Namun tambahan itu oleh pemerintah diarahkan setengahnya untuk membiayai program peningkatan Standar Pelayanan Minimun (SPM) pendidikan yang menjadi salah satu fokus pemerintah untuk dituntaskan.

“Tambahan Rp 400 juta itu, sebesar Rp 200 juta khusus SPM dan sisanya bebas ( untuk pembiayaan program menyesuaikan kebutuhan prioritas aspirasi konstituen masing-masing anggota),” ujarnya.

Ia pun berharap, pada APBDP 2018 ada tambahan sebagaimana tahun sebelumnya. Mengingat kebutuhan konstituen di lapangan cukup banyak untuk bisa diakomodir pelaksanaannya melalui program pokir para anggota. “Yah mudah-mudahan nanti kalau ada tambahan pendapatan di tengah tahun bisa ada tambahan lagi seperti tahun ini,” harapnya. (FR)

Sumber (BUG)

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat dan bahaya dalam konsumsi kepiting.

Potensi besar kerajinan kain tenun Kertasari Sumbawa Barat.

Terapkan Aplikasi e-Anjab dan ABK. Pemda Adakan Pelatihan di Bandung