Pulihkan Mental Warga. KOGASGABPAD dan IDI Adakan Trauma Healing



 Foto : Danyonkes 2 Kostrad Mayor Ckm dr. Jefri Frederick Lindong.Sp.An,.M.Kes (tengah) saat memberikan trauma healing kepada para warga di pengungsian desa Seran.





Sumbawa Barat. Diskominfo - Gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Nusa Tenggara Barat (NTB) menyisakan trauma yang sangat mendalam bagi masyarakat KSB. Untuk mengembalikan mental dan semangat para warga, Tim Kesehatan Kogasgabpad dan ikatan Dokter Indonesia (IDI) adakan kegiatan Trauma Healing kepada warga terdampak bencana Gempa bumi di Desa Seran Kecamatan Seteluk Kabupaten KSB, Senin (17/9). kegiatan tersebut dilakukan di beberapa tenda pengungsi yang ada di desa tersebut.


"Kebahagiaan dan keceriaan mereka yang kami rasakan saat  tiba di lokasi pengungsiaan sangat menyentuh buat saya, betapa antusiasnya anak anak menyambut kedatangan kami dengan wajah yang sangat sumringah, menghibur  hal ini menjadi salah satu tugas kami untuk melepaskan rasa trauma dan rasa takut dalam diri anak dan termasuk tekanan kekhawatiran dalam diri warga dan kita menerapkan 12 pesan sehat dan pola hidup sehat selama tinggal di posko pengungsi." Ucap Ketua IDI KSB, dr. Adi Praja.


Sementara itu, Danyonkes 2 Kostrad Mayor Ckm dr. Jefri Frederick Lindong.Sp.An,.M.Kes juga mengatakan  bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengatur pola hidup sehat dan memberikan suntikan semangat kepada warga khususnya anak-anak. "Ketakutan dan trauma yang disebabkan musibah gempa ini sangat mempengaruhi kehidupan warga, Trauma Healing ini sangat penting diadakan karena dapat memulihkan mental agar segera bangkit dari rasa trauma akibat  bencana alam tersebut " ucapnya Jefri.


pada kesempatan yang sama, menurut M. Zakim .Pjs kepala desa seran mengucapkan terimaksih kepada TNI dan IDI yang telah peduli dan perhatian membantu warga dalam memberikan semangat. "Saya Mewakili warga desa seran mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian serta kepeduliaan dari personil Kesehatan Kogasgabpad dan ikatan dokter indonesia ( IDI) di sumbawa Barat dengan  ikhlas membantu kami memulihkan mental dan trauma pasca gempa kegiatan seperti ini sangat  dirasakan secara langsung oleh warga terutama anak -anak yang tinggal di posko pengungsiaan." Tutur M. Zakim.

Kegiatan trauma healing ini mengajarkan kepada warga untuk memulihkan mental dan supaya warga kembali bisa melaksanakan aktivitas dan anak anak bisa kembali ceria seperti sedia kala saat sebelum terjadinya bencana gempa ini.
Selain melaksanakan trauma healing dan penyuluhan kesehatan personel kesehatan Kogasgabpad bersama dengan ikatan dokter indonesia (IDI) KSB memberikan bantuan  berupa logistik  kebutuhan sehari - hari dan alat tulis  perlengkapan sekolah bagi anak - anak di posko pengungsiaan. Diskominfo Sumbawa Barat/Feryal/tifa.

Comments

  1. ayo bergabung dengan saya di (D(E(W-A)P)K)
    menangkan uang jutaan rupiah dengan menguji keberuntungan kalian
    hanya dengan minimal deposit 10.000
    untuk info lebih jelas segera di add saja Whatshapp : +8558778142
    ditunggu lohhh add nya... terima kasih waktu nya ^-^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Manfaat dan bahaya dalam konsumsi kepiting.

Potensi besar kerajinan kain tenun Kertasari Sumbawa Barat.

Terapkan Aplikasi e-Anjab dan ABK. Pemda Adakan Pelatihan di Bandung