Musrenbang Kecamatan seteluk, usulan Program unggulan dan infrastruktur jalan Desa diprioritaskan

Foto : Anggota Komisi III DPRD KSB bersama Tim dari Bappeda serta Pejabat perwakilan Dinas lingkup KSB.

Taliwang - Kominfo
Pemerintah Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat, Rabu (21/2/2018) menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda dan Litbang) Sumbawa Barat.


Kegiatan Musrenbang  yang diadakan di ruangan aula Kantor Camat Seteluk tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan Camat Seteluk Abdul Hamid, S. Pd, sekaligus membuka acara Musrenbang tersebut.
Dalam pidatonya Abdul Hamid memaparkan bahwa Kecamatan Seteluk akan dijadikan Kecamatan yang bersih Indah dan Aman (BERIMAN).

Foto : Camat Seteluk Abdul Hamid, S. Pd saat menyampaikan sambutan.

Hadir di acara tersebut Ketua Komisi III DPRD KSB Dinata Putrawan, ST,
Kepala Bidang Fisik Bappeda Ari Hadiarta, Sp, M. Si, Kepala Bidang Litbang Bappeda KSB Ikramansyah, Sekretaris Dinas Koperindag KSB Drs. Syafruddin, M. Si, Sekretaris Dinas Kesehatan Hj. Erna Idawati,SE

Musrenbang Kecamatan Seteluk yang dikawal oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappaeda dan Litbang) Kabupaten Sumbawa Barat ini juga dihadiri oleh perwakilan dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Sumbawa Barat, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Seteluk, beberapa sekretaris Desa yang mewakili serta Anggota Tim PDPGR Kecamatan Seteluk.

Foto : Peserta Musrenbang Kecamatan Seteluk.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Seteluk serta Tim PDPGR bergiliran menyampaikan keluhan dan berbagai usulan pembangunan Desa/Kelurahan masing-masing. Yang tentunya untuk dianggarkan di Tahun Anggaran 2019 mendatang.
Serta beberapa perwakilan dari SKPD yang menjawab berbagai pertanyaan dan usulan terkait kegiatan di tahun 2018 dan 2019.

Ada beberapa SKPD yang menyampaikan program kerja yang telah dan akan di realisasikan pada tahun 2018.
Dinas Kesehatan misalnya, akan merealisasikan pengadaan tabung oksigen di beberapa Poskesdes di Kecamatan Seteluk, serta ada beberapa usulan masyarakat yang belum bisa terealisasikan ditahun ini seperti Mobil Ambulan Desa dan Alat USG.

Selain itu, perwakilan dari Desa Rempe juga meminta agar pengadaan bibit manggis dan durian yang akan dibudidayakan di Desa Rempe harus dikaji ulang kelayakan dan kecocokan iklimnya sehingga pengadaan tersebut tidak sia-sia.
Namun usulan dari perwakilan Desa Rempe tersebut langsung dijawab oleh Kabid Perkebunan dan pertanian Idrus, SH,  bahwa pihaknya telah melakukan monitoring langsung ke lokasi, sehingga kelayakan serta iklimnya sudah sesuai.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD KSB Dinata Putrawan, ST, menyampaikan bahwa DPRD KSB sudah maksimal dalam mengalokasikan dana khususnya di Kecamatan Seteluk, seperti realisasi anggaran untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan kecamatan.

"Tentu ada beberapa yang sudah di akomodir dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2018. Terhadap usulan-usulan yang disampaikan oleh peserta Musrenbang dari masing-masing Desa  yang belum diakomodir di tahun 2018 ini akan menjadi catatan dan pertimbangan yang akan diperjuangkan pada tahun anggaran 2019", jelasnya.

Usulan pembangunan dan pemeliharaan Infrastruktur jalan Desa dan berbagai kegiatan unggulan yang telah menuai hasil dan usulan kegiatan dari masing-masing Desa/kelurahan untuk tahun 2019 tetap akan menjadi prioritas. (Kominfo FR)

Koordinator : Febri
Editor : Feryal M
Foto : Angga
Rekorder : Eko IJ

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat dan bahaya dalam konsumsi kepiting.

Potensi besar kerajinan kain tenun Kertasari Sumbawa Barat.

Terapkan Aplikasi e-Anjab dan ABK. Pemda Adakan Pelatihan di Bandung