DKP KSB tingkatkan hasil penangkapan Pesisir, 50 unit Apartemen ikan di pasang.



Taliwang - Kominfo (15/2/2018)
Produksi ikan yang telah mengalami penurunan dari segi jumlah dan ukuran, merupakan dampak dari aktivitas penangkapan yang semakin intensif Serta banyaknya eksploitasi terhadap terumbu karang yang merupakan rumah dan tempat perkembangbiaknya ikan.

Dari hal itulah Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa Barat melakukan berbagai cara dan inovasi untuk meningkatkan jumlah penangkapan nelayan yang ada dipesisir, salah satu langkah yang dilakukan oleh DKP KSB adalah menempatkan apartemen ikan atau rumah ikan di dua jona yaitu di Sepakek dan di Poto Tano.

Apartemen ikan yang terbuat dari plastik dan di beri pemberat di bagian bawah ini akan di selamkan di kedalaman kurang lebih 10 meter agar bisa menjadi rumah baru bagi berbagai spesies ikan, berbagai spesies ikan bisa memanfaatkan rumah ikan untuk bertelur dan berkembang biak.


Agusman, S. Pt, Kepala Bidang Sumberdaya dan Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, menjelaskan bahwa dengan adanya rumah ikan ini diharapkan hasil penangkapan ikan akan meningkat.

" hasil penangkapan yang biasanya kita rata-ratakan  hanya 15 sampai 20 kg persatu nelayan,  kedepannya penangkapan nelayan bisa mencapai lebih dari itu bahkan bisa mencapai 50kg" jelasnya

Dijelaskannya juga, proses pengangkutan dan penempatan apartemen ikan ini di angkut menggunakan rakit bambu yang di tarik oleh speed boat,  dari 50 unit apartemen ikan diangkut secara bertahap selama 5 hari.



Kegiatan penempatan apartemen atau rumah ikan tersebut adalah salah satu upaya yang tepat untuk meningkatkan populasi ikan sehingga spies ikan di suatu perairan meningkat.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk melindungi spesies ikan yang terancam punah bahkan dalam kondisi kritis, serta memperbaiki atau merehabilitasi habitat sumberdaya ikan yang rusak. (Kominfo FR)

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat dan bahaya dalam konsumsi kepiting.

Potensi besar kerajinan kain tenun Kertasari Sumbawa Barat.

Terapkan Aplikasi e-Anjab dan ABK. Pemda Adakan Pelatihan di Bandung