Tidak Lulus seleksi PT Macmahon warga Desa Tongo tutup Gate Swiss

Taliwang – Kominfo
Sekitar 21 orang pemuda Desa Tongo, Kecamatan Sekongkang melakukan  penutupan di gate swis Desa Tongo, Sabtu, 13 Januari 2018. Penutupan tersebut dilakukan pasalnya beberapa orang yang telah mengajukan lamaran kerja di PT MacMahon Indonesia dinyatakan tidak lulus administrasi.

Informasi yang berhasil diserap Kominfo dari berbagai sumber di lapangan menyebutkan, aksi penutupan dan penghadangan tersebut terjadi sejak pukul 05.44 Wita hingga pukul 09.45. Akibat penghadangan ini karyawan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) yang seharusnya masuk kerja hanya bisa menunggu di luar.

Beberapa personil dari Polsek Sekongkang juga ikut turun melakukan pengamanan terhadap aksi tersebut. Untuk mengantisipasi hal-hal yang semakin panas, perwakilan warga yang melakukan aksi dibawa ke Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi (Nakertrans) untuk melakukan klarifikasi lebih lanjut terkait yang dipermasalahkan.

Kepala Dinas Nakertrans KSB H. Abdul Hamid S. Pd, M. Pd, Sabtu, 13 Januari 2018  mengatakan, apa yang dipermasalahkan oleh warga desa Tongo dianggap hal yang wajar untuk disampaikan ke dinas. Karena tim perekrutan tenaga kerja bersama PT MacMahon Indonesia memang sudah membuka layanan pengaduan sistem perekrutan ini. Tetapi, dalam proses pengaduan hanya sebatas perbaikan administrasi untuk bisa mengikuti tes selanjutnya. Sementara untuk jaminan bisa bekerja di MacMahon tetap harus melalui proses.

“Dari 21 pencari kerja warga desa tongo yang mengadu, baru ada tiga orang sudah memenuhi syarat dan empat orang lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat. Sementara sisanya masih kita coba cari dokumen untuk dilakukan pencocokan data,” ujarnya.

Dikatakannya, terkait masalah jatah yang dijanjikan Camat Sekongkang, terhadap para warganya diyakini tidak akan bisa direalisasikan. Karena sesuai perjanjian bersama, tim ini bekerja tidak bisa diintervensi oleh siapapun dan sifatnya independen. Sehingga siapapun yang lolos nantinya merupakan keputusan dari hasil tes yang dilaksanakan oleh para panitia bukan karena ada kedekatan masing-masing individu.

Selain itu, tim ini juga akan bekerja sesuai SOP yang telah ditentukan, jika berkasnya dinyatakan  tidak lengkap pasti akan ditolak, tidak akan bisa didesak melalui demo atau masalah lainnya. “Apa yang pernah dijanjikan terkait perekrutan, tidak akan bisa kita penuhi. Karena SOP sudah sangat jelas mengatur hal tersebut,” sebutnya.

pihak dinas Nakertrans juga sudah membuka pengaduan dan sudah berakhir, Sabtu, 13 Januari 2018 dan di luar jadwal tersebut tidak akan bisa diproses.

Ia menambahkan, perekrutan ini (PT MacMahon Indonesia) merupakan perekrutan tahap pertama. Melainkan, akan ada tahap selanjutnya yang akan dibuka oleh perusahaan ini. Untuk itu, bagi para pelamar yang tidak lolos di tahap pertama ini diharapkan untuk tetap bersabar. Selain PT MacMahon, di Tambang Batu Hijau ini juga nanti akan ada perusahaan pendukung lainnya. Sehingga lowongan kerja akan sangat terbuka lebar bagi seluruh masyarakat Sumbawa Barat.

“Banyak lowongan kerja yang akan terbuka nanti dengan sistem yang sama (satu pintu), makanya kami berharap agar warga masyarakat tetap sabar dan persiapkan diri jelang tes selanjutnya,” tukasnya. (FR)

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat dan bahaya dalam konsumsi kepiting.

Potensi besar kerajinan kain tenun Kertasari Sumbawa Barat.

Terapkan Aplikasi e-Anjab dan ABK. Pemda Adakan Pelatihan di Bandung