Dinas kominfo KSB menggelar rapat internal menghadapi program Kerja tahun Anggaran 2018

Dinas kominfo KSB menggelar rapat internal menghadapi program Kerja tahun Anggaran 2018

                                         Foto : Kepaala Dinas dan Sekretaris Dinas Kominfo KsB

Taliwang - Kominfo Kamis (26/01/2018)
Dinas Komunikasi dan informatika melalui Kepala Dinas Drs. Burhanuddin, M.M mengadakan rapat internal staf Dinas Kominfo, rapat yang juga bisa di sebut rapat koordinasi ini bertujuan untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi Program Kerja yang telah tertera pada Dokumen Pelaksanaan Kegiatan (DPA) Dinas kominfo Kabupaten Sumbawa Barat di tahun anggaran 2018.
Kepala Dinas Kominfo KSB menginginkan rapat seperti ini bisa di adakan setiap 3 bulan sekali agar semua kendala yang dihadapi didalam melaksanakan Program Kerja bisa cepat di atasi,
Bercermin pada tahun lalu ada beberapa kegiatan di Bidang Kominfo yang tidak dapat di realisasikan karena ada beberapa kesalahan dan administrasi yang kurang lengkap.

Kadis juga meminta kepada semua Karyawan Dinas Kominfo untuk bekerja sama mempersiapkan diri untuk melaksanakan program-program berbasis layanan jaringan internet yang telah di bebankan oleh Pemerintah Daerah KSB kepada Dinas Kominfo di tahun 2018 ini karena Pemda KSB ke depannya akan banyak menggunakan Aplikasi Elektronik (E-Aplikasi) seperti Layanan Aplikasi Bantuan Sosial (bansos),  Layanan Aplikasi Perijinan dan Layanan Aplikasi Penilaian Kinerja.
Penyusunan Kerangka Acuan Kerja (KAK) juga sangat baik sehingga pelaksanaan Program Pekerjaan nantinya bisa maksimal.

Sejauh ini Dinas Kominfo KSB sudah bisa melayani kebutuhan akan jaringan internet dengan kecepatan mencapai 20Mbps/sec. Namun ada beberapa SKPD yang sudah mulai menggunakan internet untuk menunjang program kegiatan kedinasan sehingga dengan demikian Kabupaten Sumbawa Barat bisa dikatakan telah siap untuk menggunakan aplikasi berbasis layanan jaringan internet yang akan di terapkan oleh Pemda KSB ditahun ini.

Dinas Kominfo juga telah mendapat tugas besar dari Pemda KSB untuk menjadikan KTC sebagai pusat jaringan internet atau wilayah Backbone, sehingga dengan adanya Program ini Kominfo KSB akan menjadi lebih baik dan maksimal dalam melayani pemerintah Daerah dalam menyediakan Layanan berbasis informasi jaringan internet.
Namun terkait masalah backbone pihak Kominfo baru
Pada tahap Pembuatan Kerangka Acuan Kerja (KAK).

" masalah proyek backbone ini belum bisa kita lelang karena ada beberapa persiapan yang harus kita laksanankan dan harus kita bahas bersama di tingkat internal kita dan semoga dalam bulan ini KAK tersebut sudah bisa kita bahas dan kita serahkan kepada Bagian Pembangunan dan Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah KSB" terangnya Kadis.

Sementara itu Kepala Bidang Statistik dan Persandian Mukhlis, DM juga menjelaskan secara rinci pencapaian yang telah di capai oleh Bidang tersebut.
"Ada empat Kegiatan pada Bidang kami masing-masing di bagi dua, di seksi statistik ada dua yaitu penyediaan data Statistik dan Penyelarasan Pengembangan Data kegiatan,
dan di Seksi persandian ada dua kegiatan juga yaitu kegiatan Sosialisasi Pengamanan Data dan Informasi, Peningkatan Sumberdaya Aparatur Persandian
Kegiatan-kegiatan ini alhamdulillah telah berhasil kami laksanakan " jelasnya

                                  Foto : Kabid Statistik dan Persandian bersama
                                              Kepala Seksi Statistik Dan Kepala seksi Persandian

Muhklis, DM berharap ke depannya akan bisa memakai jasa instruktur dari provinsi dan dari pusat sehingga ilmu yang di sosialisasikan menjadi berkualitas dan berharap kinerja Bidang Statistik dan Persandian akan lebih baik lagi di tahun ini.
Selain membahas masalah Program Kerja yang akan di hadapi dan di laksanakan pada tahun 2018.
Mukhlis,DM juga meminta kepada Kepala Dinas Kominfo untuk  menindak tegas Apartur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Honorer yang tidak disiplin dalam bekerja karena ini melanggar  Peraturan Bupati no 5 tahun 2016 tentang disiplin kerja Aparatur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, sehingga akan ada efek jera pada ASN tersebut.

Kepala seksi Statistik Budi Sunarko menjelaskan bahwa pada kegiatan Statistik di tahun Anggaran 2018 ini Seksi Statistik sudah mempersiapkan beberapa persiapan seperti Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Daerah dengan Badan Pusat Statistik (BPS),  pembentukan Forum data yang akan melibatkan semua Sekretaris di semua SKPD dan pihaknya juga akan melibatkan Akademisi dari Universitas Cordova dan tokoh masyarakat sebagai pemerhati data.



Sementara itu Kepala Seksi Persandian Amrullah juga menjelaskan bahwa untuk menunjang program kegiatan tahun Anggaran 2018 pihaknya telah mengajukan Tenaga Sandi untuk mengolah informasi baik yang di peroleh dari Provinsi maupun Pusat, namun sampai saat ini belum ada konfirmasi dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Badan Kepegawaian Daerah.

"Kami akan mendatangi Badan Kepegawaian Daerah untuk mendapatkan informasi tentang ada tidak nya Tenaga Sandi (Sandiman),
ada beberapa orang Tenaga Sandi di Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat namun yang menjadi kendalanya adalah Dinas tempat orang-orang ini bekerja tidak mau melepas orang tersebut " terangnya



Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Saifullah,S.IP mengakui bahwa memang pada tahun 2017 yang lalu ada dua kegiatan yang tidak bisa terealisasi pada Bidang Kominfo yaitu kegiatan Pengadaan Pemancar Radio SSB dan Honor pengelola website Kominfo.
"kegiatan yang tidak terealisasi itu dikarenakan ada beberapa kesalahan dan kekurangan administrasi sehingga tidak dapat terealisasi,  dan pihak Dinas terkait yaitu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda KSB) telah memberikan solusi bahwa kegiatan yang tidak terealisasi di tahun Anggaran 2017 tersebut akan di realisasikan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) di tahun 2018 ini" tambahnya



Dijelaskan juga oleh Saifullah,S.IP bahwa pada tahun ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Humas Sekretariat Daerah sehingga Website resmi KSB yang sebelumnya di kelola oleh Humas, ke depannya akan dapat di kelola oleh Dinas Kominfo. (FR)



Comments

Popular posts from this blog

Manfaat dan bahaya dalam konsumsi kepiting.

Potensi besar kerajinan kain tenun Kertasari Sumbawa Barat.

Terapkan Aplikasi e-Anjab dan ABK. Pemda Adakan Pelatihan di Bandung